INFO HIDUP SEHAT

Kamis, 21 Februari 2013

Pendidikan, M. Nuh : Perubahan Kurikulum Mulai Berlaku Juli 2013

1 komentar:

  1. Siswa dan guru masuk pelaksanaan tahun pelajaran 2013/ 2014 yang akan datang sudah menerapkan kurikulum baru, tepatnya kurikulum kurikulum 2013. Tetapi kurikulum macam apa itu ? Sepertinya hanya M.Nuh selaku meneteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tahu, dan saya yakin Kepala Sekolah, Guru dan juga Pengawas tak ada yang tau kurikulum seperti apa yang yang akan diterapkan.

    Kita tahu demikian dahsyatnya perubahan kurikulum yang sebelumnya yang kita kenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan perangkatnya yang berlapis lapis dan membiutuhkan waktu bertahun tahun, lelah sekali rasanya sosialisdasi kurikulum ini, dan bahkan sosialisasi ini tetap dilakukan sampai dengan beberapa kali penggantian pejabat yang mengurusi kurikulum ini. Ratusan ribu orang dipanggil untuk beberapa kali mengikuti pelatihan dan juga workshop, sepertinya belum juga tuntas para pendidik memahami kurikulum baru ini. Tiba tiba saja kurikulum ini telah berubah, cukup seorang M.Nuh beberapa kali pidato yang lansir oleh media massa, kurikulumpun telah siap diterapkan tahun ini juga. Sungguh keberanian yang super luar biasa.

    Sepertinya belum sempat kurikulum versi M. Nuh ini didiskusikan maka giliran pelaksanaannya telah tiba. Kita semua seperti tersentak akan wujud kurikulum yang sama sekali belum kita kenal ini. Tetapi inilah sebuah kenyataan, nampaknya kekuasaan jauh lebih mendominasi kurikulum 2013 ini dibanding kepakaran dan pengalaman para ilmuan tentang kurikulum secara akademis.

    Demikian kecil dan simplenya kurikulum dimata M. Nuh sehingga pergantiannya dapat dilakukan seorang diri saja. Memang ada terdengar pihak yang ditugaskan untuk mensosialisasikan perubahan kurikulum pada tahun 2012 yang lalu, di Lampung umpamanya itu dilakukan dengan secara tertunda hampir dua jem lebih, karena pejabat yang yang akan membuka acara sosialisasi ini terlanjur memiliki agenda yang lain, seusai acara pembukaan maka tibalah saatnya jeda sholat dan makan siang, seusai makan peserta yang diundang sosialisasi ini tinggal separuh lagi, tetapi nampaknya memang sosialisasi ini tidak membutuhkan respon dari para audien yang diundang, karena nampaknya kurikulum versi M.Nuh ini memang telah dianggap final sebelumnya.

    Sungguh kita tidak percaya dengan kematangan kurikulum versi M.Nuh tahun 2013 ini. Secara pribadi ingin saya katakan M.Nuh adalah Menteri terkonyol yang pernah ada dalam penggantian kurikulum. Lalu nantinya siapa yang berani bertanggung jawab tentang kurikulum ini ini. Saya berharap semoga saja kualitas pendidikan kita tidak terlalu hancur lantaran diterapkannya kurikulum 2013 ini.

    Bagi saya pribadi, kurikulum sebelumnya adalah kurikulum yang paling sempurna yang pernah dimiliki Indonesia. Memang dalam beberapa hal kurikulum sebelumnya memiliki berbagai kelemahan, tetapi tidaklah seharusnya kita mengganti kurikulum ini dengan kurikulum yang baru, yaitu kurikulum rancangan M.Nuh seorang. Sebenarnya Pusat Kurikulum (Puskur) bisa ditugasi untuk membenahi beberapa bagian yang dianggap perlu diperbaiki saja, tidaklah harus mengganti kurikulum itu secara keseluruhan, apalagi diganti dengan kurikulum yang hanya terdiri dari beberapa lembar tulisan saja, yang isinya tidak jauh dari apa yang pernah dipidatokan oleh M.Nuh selaku Menteri yang berwenwng.

    BalasHapus

Komentar diisi disini