INFO HIDUP SEHAT

Kamis, 13 Oktober 2011

Diklat Fungsional Pamong Belajar

YULIATI K

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya yang mengantikan SK 25/KEP/MK.WASPAN/1999 diantaranya Pamong Belajar harus melaksanakan kegiatan pengembangan profesi dan penunjang. Pengembangan profesi merupakan salah satu tugas pamong belajar dalam rangka mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan wawasan ilmiah. Oleh karena itu perlu didasari dengan kemampuan dalam hal mengamati, mencermati, menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah bentuk tulisan yang berkualitas. Didalam melaksanakan pengembangan profesi, pamong belajar dapat melakukan eksplorasi dan pengayaan berbagai aspek pendidikan anak usia dini, pendidikan non formal dan informal, sehingga didapatkan berbagai data dan informasi yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan dalam mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah. Dengan demikian, diharapkan akan muncul sikap ilmiah, yang mendasari segala bentuk pola perilaku dan pola pikir pamong belajar.

Pengembangan kemampuan berpikir ilmiah merupakan sebuah proses yang berlangsung secara berkesinambungan, sehingga perlu terus menerus ditingkatkan ditingkatkan. Sehubungan dengan penulisan karya ilmiah merupakan salah satu aspek yang dilaksanakan pamong belajar, agar pamong belajar mampu melakukan pengembangan profesi dengan benar, perlu diadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional bagi pamong belajar. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi pamong belajar sebagai pendidik pendidikan non formal lebih profesional serta implementasinya dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, pamong belajar dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan masyarakat yang lebih beradab.

Pelaksanaan Diklat Fungsional Paming Belajar Di BPPNFI Regional IV dilaksanakan pada tanggal 15-19 Juni 2011 . materi Diklat antara lain :

MATERI UMUM

Kebijakan Pembinaan P2TK PAUD-NI dan PERMEN PAN & RB NO.15 Th.2010 Tentang Jabatan Fungsional PB

Kebijakan Program BPPNFI Regional IV

MATERI POKOK

Uraian Jabatan Fungsional PB

Pengumpulan, Penghitungan & Pengusulan Angka Kredit

Pengembangan Profesi (Penulisan Karya Tulis Ilmiah) File Download

MATERI PENDUKUNG

Pendidikan Karakter

CP Panitia diklat Fungsional Pamong Belajar : Yuliati Kartikasari 08175271119

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar diisi disini