Kamis, 14 April 2011

IAIN Gunakan Perpustakaan Digital

Pendidikan Lampung : Kamis, 14 April 2011




BANDAR LAMPUNG (Lampost): Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan IAIN Raden Intan Bandar Lampung kini semakin canggih. Selain menerapkan perpustakaan digital (digital library) dengan mengaplikasikan sistem otomatisasi perpustakaan (library automation system) juga dilengkapi program SliMs (Senayan Library Management System).

Menurut Pembantu Rektor III IAIN Raden Intan M. Afif Anshori, perpustakaan digital ini akan memudahkan mahasiswa, dosen, dan pegawai untuk menjelajahi berbagai referensi dan buku-buku di belahan dunia.

"Jadi, bila dosen ingin mencari referensi tentang berbagai materi kuliah, tinggal duduk manis sambil mengoperasikan komputer di ruang perpustakaan, langsung ketemu bahan-bahan yang diinginkan," kata Afif saat membuka pelatihan dan sosialisasi Digital Library bagi pustakawan, dosen, dan pegawai di lingkungan IAIN Raden Intan di gedung perpustakaan setempat, kemarin (13-4). Pelatihan yang berlangsung dua hari (13—14 April) ini diikuti 40 peserta. Panitia menghadirkan narasumber Wardiyono dan Arief Syamsudin, tim dari SLims, Jakarta.

Ia mengakui perpustakaan digital ini sangat efektif. Sebab, para pengguna dapat melacak dan menemukan informasi secara cepat dan tepat.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan IAIN Raden Intan Eni Amaliah menjelaskan saat ini UPT Perpustakaan IAIN telah menerapkan sistem otomatisasi perpustakaan juga dilengkapi program SliMs. Perpustakaan digital ini mempunyai koleksi buku yang sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak CD, ataupun kumpulan kaset audio, video, dan lain-lain. "Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer," ujar dia.

Karena itu, untuk mengoperasikannya pihaknya menggelar pelatihan dan sosialisasi tentang perpustakaan digital serta bagaimana cara mengaplikasikan Slims. "Dengan pelatihan ini mudah-mudahan dosen pegawai, dan pustakawan di lingkungan IAIN dapat memahami perpustakaan digital dan sistem Slims sehingga proses pencarian informasi di perpustakaan bisa cepat, tepat, dan akurat," ujar dia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar diisi disini